Kapolres Musi Rawas Bersama Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Monitoring Hewan Qurban

Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan dan Kapolsek Tugumulyo, AKP Fettra Albert, terjun langsung melakukan monitoring hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Jumat (8/7/2022).

 

MUSI RAWAS-H-2 menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1443 Hijrah, yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan hari raya haji dan kurban.

Namun, yang menjadi sorotan akhir-akhir ini yakni adanya gangguan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), terhadap hewan ternak di seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan dan Kapolsek Tugumulyo, AKP Fettra Albert, terjun langsung melakukan monitoring hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Jumat (8/7/2022).

Turut mendampingi, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura, Zuhri Syawal serta tim kesehatan hewan Kabupaten Mura.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono, saat dikonfirmasi, sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat (8/7/2022).

“Hari ini, sengaja saya bersama, Kabag Ops, Kapolsek Tugumulyo, Kepala Disnakan dan tim kesehatan hewan, melakukan monitoring/pengecekan hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, selain melakukan monitoring/pengecekan hewan kurban, sekaligus memberikan himbauan dan edukasi prokes.

“Kami menghimbau kepada pedagang hewan potong maupun kepada pemilik ternak hewan, agar para peternak hewan jangan panik, namun kita tetap harus waspada terhadap penyakit PMK,” jelas suami Ny Irene Gusti Hartono

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, selain itu kepada pedagang hewan potong dan pemilik ternak hewan, agar menjaga kesehatan hewan, selalu membersihkan kandang.

“Kemudian jika menemukan hewan ternak yang diduga terpapar penyakit PMK, segera berkoordinasi dengan tim kesehatan hewan dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura,” ucap perwira berangkat melati dua ini.

Kapolres menambahkan, monitoring hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri, ini tidak lain untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran virus PMK, terhadap hewan ternak jenis berkuku diantaranya, sapi, kerbau dan kambing.

Selain itu, kegiatan pemeriksaan hewan kurban yakni dalam rangka mencegah penyebaran virus PMK. Apalagi, dalam hitungan hari akan memperingati hari raya Idul Adha 1443 Hijriah

“Pastinya, dengan harapan semoga wilayah Kabupaten Mura, terbebas dari PMK,” harap perwira tiga anak ini

Read Previous

Cegah PMK Pada Hewan Ternak, Polsek Jayaloka Dampingi Pemeriksaan Hewan

Read Next

Bravo Tim Landak Satreskrim, Berhasil Membekuk Komplotan Spesialis Curas

Most Popular